[Review] ClariS – Birthday

Oke ini agak terlambat karena sebenarnya saya sudah menerima album ini sekitar tanggal 23 (kalo tidak salah).

Oke kita mulai review kita untuk album pertama ClariS ini.

Pertama kita mulai dengan tracklist dari album Birthday ini sendiri.

1. サヨナラは言わない (Sayonara ha Iwanai)

Dalam bahasa indonesia, bisa disebut “Tidak mau mengucap Selamat Tinggal“. Buat saya, track ini merupakan sebuah pembuka album yang amat sangat bagus. Pembagian bagian menyanyi antara Clara dan Alice benar-benar ditunjukkan disini dengan betapa cocoknya suara mereka di bagian-bagian tertentu. Mungkin, jika dicari-cari kekurangannya, track ini memiliki sebuah kekurangan di sisi power dari lagunya. Secara keseluruhan, lagu ini memang bagus.

離ればなれになるけれど 同じ星見上げて

2. Irony

Track ke-2 adalah irony. Lagu yang sama yang digunakan sebagai lagu pembuka anime Ore no Imōto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai (俺の妹がこんなに可愛いわけがない). Saat pertama mendengar lagu ini beberapa saat yang lalu, saya langsung jatuh hati lolololol. Sebagai lagu debut mereka, lagu ini termasuk dalam kategori mengejutkan. Memang, di lagu ini hampir tidak ada solo line sama sekali dan itu… agak mengecewakan.

最後の1ページくらい

君には 笑顔見せたい

3. 恋磁石 (Koi Jishaku)

Berpindah ke track 3 yang dalam bahasa Indonesia bisa disebut “Magnet Cinta“. Judulnya bikin merinding kan? Ini seperti magnet, tapi cinta (okay, what?).

Tapi jujur aja, pertama kali saya mendengar Magnet Cinta, yang terlintas di otak saya cuma:

Aduh ini lagu apaan sih?

But then again, sesuai dengan namanya, MAGNET CINTAAAAAAAAAAAAA. Makin kesini, yang ada lagu ini gak bisa hilang dari otak saya. Terlalu catchy. Bagian solo line di dekat chorus itu benar-benar… Poin lebih dari lagu ini. Tambahkan sedikit lagi, dan lagu ini bisa jadi lagu kesukaan saya.

プラスマイナス 混ざり合う

4. メモリー (Memory)

Moving on ke track nomor 4 yang bila diartikan bisa berarti “Ingatan“. Pertama kali denger lagu ini, yang ada di otak saya cuma:

Oke, lagu ini akan jadi salah satu favorit saya.

Dan begitu lihat liriknya…Track ini memang tidak banyak solo linenya (Sepertinya yang paling saya cari di lagu-lagu ClariS adalah solo linenya ya? Hahaha) tapi itu somehow tidak jadi masalah buat saya karena secara keseluruhan, lagu ini sendiri purely epic. Beat yang ada di lagu ini juga tidak seperti lagu-lagu mereka yang lain. Lagu ini punya sentuhan… oldschool yang cocok dengan judul lagu mereka. Ingatan.

「ごめんね」と一言 言えばよかった

5. nexus

Whoa ini dia. Salah satu lagu kesukaan saya di antara lagu-lagu ClariS yang lainnya. Lagu ini bener-bener menonjolkan solo line yang kuat. Beat di lagu ini juga… Amat powerful dan juga di saat yang sama terdengar manis. Terlalu manis sehingga seluruh esensi “manis” itu sendiri semuanya berkumpul dan membentuk lagu ini.

Selain alasan yang saya kemukakan di atas, ada juga alasan personal yang menjadi dasar kenapa saya suka sekali sama track yang satu ini. Saya merasa pernah terjadi sesuatu saat saya mendengar track ini untuk pertama kalinya. Which make this track absolutely nostalgic. 

望む未来はまだ不確かで

不器用に踏み出したばかり

6. flowery

Sedikit merubah alur musik yang nge-beat di ke-5 track sebelumnya, flowery (atau bisa diartikan “Seperti Bunga” memutuskan untuk menjadi ballad.

Kalau bicara ballad-nya ClariS, perbandingan pertama saya adalah lagu Hontou Wa yang merupakan track ke-3 mereka dari single Naisho no Hanashi. Tapi lagu ini, benar-benar berbeda.

flowery memberi kesan yang tenang dan… fleeting. Lagu ini benar-benar membuat pendengar bisa rileks dan menikmati setiap baris lirik yang mereka berdua nyanyikan. Belum lagi musik pelan yang indah membuat setiap detik lagu ini menjadi jauh lebih santai, bukan sedih ataupun membuat kantuk.

明日はもっときれいな花を

7. コネクト (Connect)

Track ke-7 ini pernah menjadi lagu pembuka sebuah anime yang sangat fenomenal pada masanya, Puella Magi Madoka Magica (魔法少女まどか☆マギカ).

Kalau mau jujur, saya tidak terlalu suka track ini entah kenapa. Meskipun, bagian pembuka lagu ini sangat epik. Hanya diiringi oleh piano. Belum lagi sentuhan biola dan band yang membuat lagu ini menjadi lebih menjurus ke arah pop/rock. Secara keseluruhan, lagu ini sangat epik. Tapi ya itu. Saya tidak terlalu bisa menikmati lagu ini sepenuhnya entah mengapa :v

交わした約束忘れないよ

8. プロミス (Promise)

AKUSTIK!!! Dan juga biola yang epik membuka track ke-8 yang kalau diartikan, judulnya jadi “Janji“. Track ke-8 kembali mengeksplorasi solo line yang mengkhasilkan beberapa tarikan berat ala Alice dan tarikan tinggi halus milik Clara. Yang juga menjadi kekuatan utama track ini.

描いていた…

開いた未来…

9. graduation

Kembali menurunkan pace dari Connect dan プロミス, kita kembali memasuki lagu ballad di track 9 yang berarti “kelulusan“.

Sebenarnya, ini ballad yang bagus ditambah dengan piano dan biola yang dazzling. Eksplorasi solo line disini juga bagus banget dan menunjukkan bahwa ClariS juga handal menyanyikan lagu-lagu ballad.

Kalau telinga saya masih setia sama saya, hampir mayoritas solo line di track ini dibawakan oleh Alice. Dan juga, ini memperdengarkan bahwa suara Alice yang berat benar-benar indah jika diberikan lagu ballad seperti ini. (Hal ini juga terjadi di lagu Hontou Wa dari single Naisho no Hanashi.)

離れていても 繋がっている

10. treasure

Lagu ini punya pattern piano yang menarik. Jumpy dan asik buat didengerin. Solo line di sini juga dieksplorasi habis-habisan. Perpindahan antara Clara dan Alice benar-benar smooth dan semakin membuat lagu ini jadi tambah… wow.

Oh! Lagu ini jika diartikan judulnya, disebut “Harta

夜の空に響く 懐かしいこのメロディ

ただ近くにいれば それだけで幸せだった

11. ナイショの話 (Naisho no Hanashi)

Track ke-11 ini merupakan lagu penutup anime Nisemonogatari (偽物語) yang bisa diartikan “Cerita Rahasia“. Bukan lagu yang benar-benar saya suka sih, tapi… Lama-lama lagu ini jika didengar ternyata catchy juga bagian refrainnya :v

Kalau disuruh menilai, track ini cuma dapat nilai 2 dari 5 :v

Really I love you

だけどナイショの話

12. zutto

Track penutup album ini dan juga track kesukaan saya, track ballad yang jika diartikan judulnya berarti “Selalu” ini lebih cenderung ke arah flowery daripada graduation.

Lagu ini banyak memiliki poin-poin penting yang menyakitkan di liriknya (curcol pendengar) yang mengakibatkan beberapa momen di lagu ini terdengar menyedihkan tapi di saat yang sama juga menghasilkan perasaan hangat yang sangat manis. Ditambah solo line yang cukup banyak meskipun tetap berat di Clara padahal yang saya harapkan adalah Alice :3. Well overall, this track is that Bitter-sweet kind of thing?

Well untuk sebuah lagu favorit, tidak banyak yang bisa saya review dari track ini. Karena penjelasan saya di atas sudah cukup merepresentasikan apa yang saya rasakan saat mendengar lagu itu. :’)

いつの日かきっと…

=========================================================

Must Hear: zutto, sayonara ha iwanai, koi jishaku, nexus

Not-so-good: graduation, Connect.

Oke, sekarang waktunya penilaian ya?

4.5 dari 5 bintang.

p.s: Saya kecewa karena drop sebagai single pertama mereka sebagai duet gak dimasukin ke album ini. But that’s another story :p

p.s.s: btw, jangan lupa join ke sini ya bagi yang punya akun Facebook

https://www.facebook.com/groups/270905042996407/

3 thoughts on “[Review] ClariS – Birthday

  1. karena drop itu masih pake nama Kurara*Alice kaks, bukan ClariS
    ahahaha menurut saya Connect itu salah satu masterpiece karena bisa bikin saya hit repeat button over and over again..
    btw di album ini saya suka sayonara wa iwaranai *yah udah vote di ICF juga :v/*

    btw nice review

Leave a Reply

