Machine Chaser, Perjuangan Mencapai Tujuan, dan Moving On

Pada postingan sebelumnya, kita sempat membahas tentang membahas tentang korelasi antara Kamen Rider Drive dan kisah cinta seseorang. Sebelum kita masuk pada pembahasan utama, ada hal yang harus saya ralat. Pada postingan tersebut, saya mengatakan bahwa ada kemungkinan Chase adalah manusia dan pada episode 11 terbongkar bahwa Chase sebenarnya adalah Roidmude 000, menguatkan teori bahwa Chase adalah Eiji KW. Untungnya, hal ini tidak mengubah analisa bahwa Chase yang wujud aslinya adalah 000, tetap berubah wujud, dan menguatkan teori “kita akan rela menjadi sosok lain yang jauh lebih berbahaya”.

Yang juga terbukti adalah teori bahwa Chase merupakan pengguna Drive Driver ketika Global Freeze terjadi, yang membuatnya menjadi Proto Drive. Dalam kesempatan singkat itu, bisa berarti bahwa kita juga rela menjadi orang yang bisa melindungi seseorang yang kita incar.

[Over-Time] Kamen Rider Drive - 11 [D21285FD].mkv_snapshot_18.41_[2015.01.18_18.11.30]

Perbandingan yang lupa saya tambahkan pada terbitan beberapa saat lalu adalah bahwa Chaser juga berfungsi sebagai gambaran usaha yang dilakukan seseorang saat sedang mengincar orang yang ia sukai. Gambaran ini menjadi cocok ketika Chase mulai agak kewalahan menghadapi Drive, ia diberikan persenjataan baru yaitu: Bat, Spider, dan Cobra. Hal ini bisa digambarkan sebagai seseorang yang sadar akan kelemahannya dan mulai memperbaiki diri agar menjadi lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya.

m-armed

Kesulitan kembali muncul ketika Drive mendapatkan peningkatan kekuatan baru, yaitu Type Wild yang hingga saat ini merupakan wujud terkuat dari Kamen Rider Drive. Hal ini bisa dilihat sebagai penghalang tujuan kita yang juga menjadi lebih kuat seiring waktu berjalan. Sayangnya ketika Drive mendapat perbaruan tersebut, Chase tidak mendapat perbaruan yang sama sehingga membuatnya beberapa kali terpojok dan gagal mencapai tujuannya.

Chaser yang ditugaskan untuk membunuh Kamen Rider bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki sebuah tujuan. Akan ada beberapa kali masa dimana kita akan merasa bahwa “wah, kita sudah dekat dengan tujuan kita!” Ada juga masa dimana kita merasa bahwa tujuan yang ingin kita capai bukannya semakin dekat tapi malah semakin jauh. Pada curhatan berkedok drama yang diberi judul Kamen Rider Drive ini, hal tersebut digambarkan dengan beberapa kali Type Speed mampu mengimbangi Chase.

12 episode sejak pertama kali debut, Chase berulang kali gagal menghabisi Drive karena satu hal maupun lainnya. Suatu masa, ia sempat akan berhasil menggagalkan transformasi Drive dan membuatnya kembali menjadi manusia biasa. Sayangnya, dia gagal melepaskan tembakan penghabisan.

[Over-Time] Kamen Rider Drive - 07 [5FD682EB].mkv_snapshot_22.26_[2015.01.18_17.56.18]

Di akhir episode 7, satu tembakan terakhir dari Chase mampu menghabisi Kiriko dan Tomari dalam sekejap. Pada episode 8, Chase melepaskan anak panah(?)nya dan secara sengaja dibuat agar tidak mengenai mereka berdua dan Chase memilih untuk mundur. Mengingat acara ini adalah curhat berkedok drama, kita harus menganalisa lebih jauh tentang adegan tersebut.

Hal yang paling krusial dari adegan ini adalah Chase yang dihalangi oleh polisi berjenis kelamin perempuan. Hal ini adalah sebuah hint bahwa ada kemungkinan saat kita sudah mendekati tujuan kita, seorang wanita bisa membuat kita sama sekali lupa tentang tujuan awal kita.

Hal seperti ini sering terjadi, dimana ketika seseorang menjalin hubungan kekasih mereka malah akan kehilangan perwujudan tujuan mereka masing-masing karena terlalu sibuk menjalin tali asmara. Tapi apakah itu wujud cinta yang baik? Bukankah harusnya mereka berdua saling mengangkat satu sama lain agar masing-masing bisa mencapai tujuan mereka sendiri-sendiri? Jangan terlalu jauh membahas tentang sepasang manusia yang sudah menjalin hubungan, karena bahkan ketika kita menyukai seseorang biasanya kita akan menjadi buta pada tujuan awal kita dan terlalu terfokus pada mengejar lawan jenis itu.

Pada akhir episode 14, diketahui bahwa nampaknya ada yang macam-macam dengan ingatan Chase sehingga ia lupa bahwa dulu ia adalah ProtoDrive yang melindungi Kiriko dari gangguan monster pada saat Global Freeze. Hal ini dapat diartikan bahwa dulu Chase juga sempat menjadi pelindung dan bertempur melawan mereka yang ingin merebut kekasihnya. Sayangnya, ia berhasil dikalahkan.

Pada cuplikan episode 15 juga sepertinya Medic adalah dalang di balik menghilangnya ingatan Chase, sehingga ia bisa menyerang Kamen Rider Mach dan Drive tanpa ragu. Tentu saja ini memiliki arti yang lebih dalam, yaitu bahwa untuk melupakan gadis yang pernah dicintai tapi membawa kehancuran pada diri sendiri, dibutuhkan gadis lain yang memiliki satu tujuan yang sama.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s